Tata cara Shalat Tahajud
Sholat tahajud merupakan sholat sunah yang tidak pernah ditinggalkan
oleh Rosullah SAW sepanjang hidupnya karena keutamaan yang terdpat dalam
sholat tahajud ini sangat besar bagi mereka yang mau mengerjakan.
Jumlah shalatnya paling sedikit dua raka'at, sedang banyaknya tidak ada
batasan.
Namun, yang biasa dilakukan Nabi adalah 11 (sebelas) atau 13
(tigabelas) raka'at.Sedangkan dalam pelaksanaan nya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan
sholat sunnat lain hanya yang membedakan adalah niat sedangkan bacaan
nya sama saja jika kita
melaksanakan tahajud maka kita akan masuk orang-orang yang bertaqwa dan
sangat dicintai oleh Allah SWT.
Salah satu syarat salat tahajjud adalah harus dilakukan setelah bangun tidur Dan yang paling utama dilakukan pada waktu sepertiga malam yang terakhir yaitu antara jam 01.00 sampai menjelang subuh.Ada banyak keutamaan yang dapat diperoleh bagi mereka yang
mengerjakannya diantaranya berdasarkan hadits nabi, dimana orang yang
mengerjakan tahajud karena Allah dan berharap akan ridho’nya maka orang
tersebut akan mendapatkan 5 kemulyaan untuk urusan dunia dan 4 kemulyaan
untuk akhirat.
Beda Shalat Malam dan Shalat Tahajud
Salat malam adalah salat yang dilakukan pada waktu malam setelah salat
isya'. Baik dilakukan sebelum atau setelah tidur. Sedangkan salat
tahajjud adalah salat malam yang dilakukan setelah bangun dari tidur.
Dengan kata lain, salat tahajjud pasti solat malam. Sedang salat malam
belum tentu salat tahajud.
Keutamaan Shalat Tahajud
1. Wajahnya berseri ketika bangkit dari kubur di Hari Pembalasan nanti.
2. Akan mendapat keringanan ketika di hisab.
3. Ketika menyebrangi jembatan Shirotol Mustaqim, bisa melakukannya dengan sangat cepat, seperti halilintar yang menyambar.
4. Catatan amalnya diberikan ditangan kanan.
5. Akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana.
6. Tanda ketaatannya akan tampak kelihatan dimukanya.
7. Akan dicintai para hamba Allah yang shaleh dan dicintai oleh
semua manusia.
8. Lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah.
9. Akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama.
Bacaan Niat Shalat Tahajud
أُصَلِّي سُنّةَ التَهَجُدِ رَكْعَتَيْنِ ِللَهِ تَعَاليَ
"Ushallii sunnatat-tahajjudi rak’ataini lillaahi ta’aalaa".
Artinya: “Aku niat shalat sunat tahajud dua rakaat karena Allah” (Di ucapkan dalam hati saat takbir)
Tata cara Shalat Tahajud
Tata cara shalat tahajjud tidak berbeda dengan shalat sunnah lain sebagai berikut:
1. Setelah takbirotul ihram (takbir pertama), baca surat Al Fatihah dan
setelah itu disunnahkan membaca surat Al Kafirun (Qul Ya Ayyuhal
Kafirun.. dst)
2. Raka'at kedua membaca Al Fatihah dan surat Al Ikhlas (Qul Huwa-Allahu Ahad.. dst)
3. Waktu ruku' membaca Subhana Rabbiyal Adzimi Wabihamdih 3x.
4. Waktu sujud membaca Subhana Rabbiyal A'la Wabihamdih 3x.
5. Setelah tahiyyat dan salam membaca do'a di bawah.
Bacaan Doa Setelah shalat Tahajud
بِسْمِ اللهِ الرَحْمن ِالرَحيم اَلَلهُم لكَ الحَمْدُ أنتَ قَيِّمُ
السَمَواتِ وَالأرِض ومَنْ ِفيهِنَ ولَكَ الحَمْدُ أَنْتَ نُورُ السَمَواتِ
وَالأرِض ومَن فَيهنَ ولَكَ الحمدُ أنت الحقُ وَوَعْدُكَ الحقُ ولِقاءُكَ
حَقٌ وقَولُكَ حَقٌ والجنةُ حقٌ والنارُ حَقٌ والنَبَيونَ حقٌ
ومحمدٌ صلي الله عليه وسلم حَقٌ والسَاعَةُ حَقٌ ال هم لَكَ أَسْلَمْتُ
وَبِكَ أَمَنْتُ وَعَليكَ تَوَكَلتُ وَإلَيْكَ أَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ
وَلَكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْليِ مَا قَدَّمْتُ وما أَخَّرْتُ وما أَسْرَرْتُ
وَما أَعْلَنْتُ وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُبِهِ مِنيِ أَنْتَ الُمقَدِّمُ
وَأَنْتَ الُمؤَخِّرُ لَاإلَهَ إلا أَنْتَ وَلاَ حَوْلَ وَلا قُوّةَ إلا بالله
Bacaan Doa saat Sujud Tahajud
Bacaan saat sujud di atas sudah cukup. Tapi dapat menambahnya dengan bacaan doa berikut:
الَلهُمَّ اجْعَلْ فيِ قَلْبِي نُوْرًا وَفي سَمْعِي نُوْرًا وَفِي بَصَرِي
نُوْرًا وَعَنْ يَميِني نُوْرًا وَتَحتِي نُوْرًا وَاجْعَلْنِي نُوْرًا
Jumlah Rakaat dan cara melakukan Shalat Tahajud + Witir
1. Sholat 13 raka’at dibuka dengan 2 raka’at ringan.
Hal ini berdasarkan hadits hadits Zaid bin Kholid Al-Juhany radhiyallahu ‘anhu riwayat Muslim, beliau berkata :
“Sungguh saya akan memperhatikan sholat Rasulullah
shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam di malam hari maka beliau
sholat dua raka’at ringan kemudian beliau sholat dua raka’at panjang,
panjang, panjang sekali kemudian beliau sholat dua raka’at lebih pendek
dari dua raka’at sebelumnya kemudian beliau sholat dua raka’at dan
keduanya lebih pendek dari dua raka’at sebelumnya kemudian beliau sholat
dua raka’at dan keduanya lebih pendek dari dua raka’at sebelumnya
kemudian beliau sholat dua raka’at dan keduanya lebih pendek dari dua
raka’at sebelumnya kemudian beliau berwitir maka itu (jumlahnya) tiga
belas raka’at”.
Dan dalam hadits ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha riwayat Muslim, beliau
berkata : “Adalah Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam
apabila beliau berdiri di malam hari untuk sholat maka beliau membuka
sholatnya dengan dua raka’at yang ringan”
2. Sholat 13 raka’at, 8 raka’at diantaranya dilakukan dengan
salam pada setiap 2 raka’at kemudian witir 5 raka’at dengan satu kali
tasyahhud dan satu kali salam.
Hal ini berdasarkan hadits ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha Riwayat Muslim :
“Adalah Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam sholat di
malam hari 13 raka’at, beliau witir darinya dengan 5 (raka’at) tidaklah
beliau duduk pada sesuatupun kecuali hanya pada akhirnya”
3. Sholat 11 raka’at dengan salam pada setiap 2 raka’at dan witir dengan 1 raka’at.
Hal ini berdasarkan hadits ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha riwayat Muslim, beliau berkata :
“Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam sholat antara
selesainya dari sholat isya` sampai sholat fajr (sholat subuh) sebelas
raka’at, Beliau salam setiap dua raka’at dan witir dengan satu raka’at”.
4. Sholat 11 raka’at, tidak duduk kecuali pada raka’at kedelapan
kemudian tasyahhud tanpa salam lalu berdiri untuk raka’at kesembilan
kemudian salam, lalu sholat dua raka’at lagi dalam keadaan duduk.
Hal tersebut diterangkan dalam hadits Sa’ad bin Hisyam bin ‘Amir riwayat
Muslim, beliau bertanya kepada ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha tentang
bagaimana sholat witir Rasulullah
shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam, maka beliau menjelaskan :
“… Maka beliau bersiwak, berwudhu’ dan sholat 9 raka’at beliau tidak
duduk kecuali pada yang kedelapan kemudian beliau berdzikir kepada
Allah, memuji-Nya dan berdoa kepada-Nya lalu berdiri dan tidak salam.
Kemudian beliau berdiri untuk kesembilan lalu duduk kemudian beliau
berdzikir kepada Allah, memuji-Nya dan berdoa kepada-Nya lalu beliau
salam sengan (suara) salam yang beliau perdengarkan kepada kami kemudian
beliau sholat dua raka’at setelah salam dalam keadaan duduk, maka itu
11 raka’at wahai anakku. Ketika Nabi Allah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala
alihi wa sallam telah berumur dan beliau bertambah daging (Baca
bertambah berat) maka beliau witir dengan 7 (raka’at) dan berbuat pada
yang dua raka’at seperti perbuatan beliau yang pertama, maka itu adalah
sembilam (raka’at) wahai anakku”
5. Sholat 9 raka’at, tidak duduk kecuali pada raka’at keenam
kemudian tasyahhud tanpa salam lalu berdiri untuk raka’at ketujuh
kemudian salam, lalu sholat dua raka’at lagi dalam keadaan duduk.
Hal ini di terangkan dalam hadits ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha di atas.
Berkata Syaikh Al-Albany : “Ini adalah beberapa kaifiyat yang Rasulullah
shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam melakukannya pada sholat
lail dan witir. Dan mungkin untuk ditambah dengan
bentuk-bentuk yang lain, yaitu dengan mengurangi pada setiap bentuk yang
tersebut jumlah raka’at yang ia kehendaki dan bahkan boleh baginya
untuk membatasi dengan satu raka’at saja.”
Ibnu Hazm dalam Al-Muhalla menyebutkan beberapa bentuk lain :
6. Sholat 13 raka’at, yaitu salam pada setiap dua raka’at dan witir satu raka’at.
7. Sholat 8 raka’at dengan salam pada setiap 2 raka’at kemudian ditambah witir 1 raka’at.
8. Sholat 6 raka’at dengan salam pada setiap 2 raka’at kemudian witir 1 raka’at.
9. Sholat 7 raka’at, tidak tasyahhud kecuali pada yang keenam kemudian berdiri sebelum salam
untuk raka’at ketujuh lalu duduk tasyahhud dan salam.
10. Sholat 7 raka’at dan tidak duduk untuk tasyahhud kecuali di akhirnya.
11. Sholat 5 raka’at dan tidak duduk untuk tasyahhud kecuali di akhirnya.
12. Sholat 3 raka’at, duduk tasyahhud pada raka’at kedua dan salam lalu witir 1 raka’at.
13. Sholat 3 raka’at tidak duduk tasyahhud dan salam kecuali pada raka’at terakhir2.
14. Sholat witir satu raka’at.
Dalil sunnah dan keutamaan (Fadhilah) Shalat Tahajud
1. Al Quran Surat Al Isra' 17:79
ومن الليل فتهجد به نافلة لك عسى أن يبعثك ربك مقاما محمودا
Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah)
tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang
terpuji.
2. Hadits riwayat Bukhari dari Ibnu Abbas:
كَانَ النبُي صلى الله عليه وسلم إذا قام مِنَ الليل يَتَهَجَّدُ قال: اللهم لك الحمد أنت قيم السماوات والأرض
Artinya, Nabi kalau bangun malam selalu melakukan shalat tahajjud dan membaca doa allahumma laka-l hamdu ...dst.
3. Al-Quran Surat Adz-Zariyat ayat 17 dan 18:
كَانُوا قَلِيلًا مِنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ
Artinya: (orang-orang yang bertakwa)... Di dunia mereka sedikit sekali
tidur di waktu malam. Dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum
fajar.
4. Hadits riwayat Muslim dari Abu Hurairah
أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ شَهْرِ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ
وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ
Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada
bulan Allah –Muharram-. Sebaik-baik shalat setelah shalat wajib adalah
shalat malam.
5. Hadits riwayat Muslim:
عن ابن عمر رضي الله عنهما أنه قال: قام رجل فقال يا رسول الله كيف صلاة
الليل، قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: صلاةُ اللَيل مَثْنَى مثنى
Artinya: Seorang laki-laki berdiri (di depan Nabi) dan bertanya, 'Wahai
Nabi, bagaimana cara shalat malam?' Nabi menjawab, 'Sholat malam itu dua
(rakaat) dua (rakaat).'
6. Imam Ramli (Muhammad bin Syihabuddin Ar-Romli) dalam Nihayatul Muhtaj (نهاية المحتاج إلى شرح المنهاج) mengatakan:
( ويسن ) ( التهجد ) بالإجماع لقوله تعالى { ومن الليل فتهجد به نافلة لك } ولمواظبته صلى الله عليه وسلم وهو التنفل ليلا بعد نوم
Salat tahajud disunnahkan secara ijmak (kesepakatan semua ulama fiqh)
berdasar pada (a) firman Allah surat Al-Isra 17:79 dan (b) perbuatan
Nabi. Tahajud adalah salat sunnah pada malam hari setelah bangun dari
tidur.
7. Ahli fiqh Mansur bin Yunus Al Bahuti menyatakan dalam kitabnya كَشّافُ القَناعِ عَنْ مَتْنِ الإِقْناع bahwa:
وأكثر الواصفين لتهجده صلى الله عليه وسلم اقتصروا على إحدى عشرة ركعة وذلك
هو الوتر وتقدم في صلاة التطوع أن التهجد بعد نوم وعليه فإن نام ثم أوتر
فتهجد ووتر وإن أوتر قبل أن ينام فوتر لا تهجد .
Artinya: kebanyakan ulama yang menggambarkan salat tahajjudnya
Rasulullah menyimpulkan bahwa salat malamnya Nabi sebanyak 11 raka'at
yakni salat witir. Dan sudah diterangkan dalam bab salat sunnah bahwa
salat tahajjud dilakukan setelah tidur.
Oleh karena itu, apabila seseorang tidur kemudian bangun untuk salat
witir, maka hukum salatnya adalah salat witir dan salat tahajjud.
Apabila seseorang melakukan salat witir sebelum tidur, maka disebut
salat witir saja. Bukan salat tahajjud.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar